Haul KH Muhammad Tarmun bin H Saibin di Masjid At Taubah

 Haul 1

Haul KH Muhammad Tarmun bin H Saibin di Masjid At Taubah ba’da Isya tanggal 7 Desember 2014. Acara dihadiri oleh para ulama dan habaib serta jema’ah Masjid At Taubah. Di antaranya KH Dr Mohamad Hidayat MBA selaku tuan rumah, KH Dr Ali Sibromalisi MA selaku cucu yang memberi kata sambutan, KH Fahrul Rozi, Habib Ali bin Zaenal Abidin, Habib Abdurrahman bin Habib Alatas, Ustad Ruslan Mawardi, dsb.

KH Muhammad Tarmun adalah ulama yang melahirkan anak2 dan cucu2 yang saleh dan juga ulama di Kebon Nanas Jakarta Timur.

Haul 4

Di antaranya kesaksian KH Fahrul Rozi dari Cirebon yang sempat mondok di rumah beliau dari tahun 1977 hingga 1995 berkata: “Banyak orang tahu hadits. Paham hadits. Tapi sedikit yang make (menjalankannya). Nah KH Muhammad Tarmun ini bukan sekedar paham. Tapi hadits yang beliau pahami itu dipakai dalam kehidupannya sehari2.

Contoh hadits:
إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Ini bukan sekedar beliau hafal atau ucapkan. Tapi dilaksanakan.Dipakai.
Contoh uang pemberian anak2 dan cucu2nya (beliau anak 15 orang dan cucu saat ini 80 orang) itu tidak pernah beliau pakai untuk diri sendiri. Tapi beliau sumbangkan untuk yang lain. Sebab harta yang benar2 dimiliki kita nantinya adalah harta yang kita infakkan di jalan Allah. Itulah yang berharga di sisi Allah yang bisa memasukkan kita ke surga.

Haul 3

Beliau tidak pernah punya motor atau pun mobil. Makan enak hanya hari Jum’at saja, kata KH Fahrul Rozi. Itu pun karena pada hari Jum’at itu beliau mengundang orang2 makan bersama ke rumahnya. Bukan cuma ulama / orang2 yang terpandang yang beliau undang makan. Orang miskin dan tidak terpandang pun seperti Gozali tetap beliau undang makan bersama. Bukan cuma dikasih makan. Saat pulang juga diberi uang oleh beliau.

Jadi haditsnya benar2 dipakai. Manfaat. Bukan sekedar dihafalkan atau diucapkan saja.

KH Dr. Ali Sibromalisi MA menuturkan bahwa KH Muhammad Tarmun senang dgn cucunya yang mengaji. Ada perlakuan lebih thd cucu yang mengaji.

Alhamdulillah di Kebon Nanas ini banyak Majelis2 Taklim yang membahas berbagai kitab Ulama besar zaman dulu seperti Kitab Sifat 20, Minhaajul Muslim, Tafsir Jalalain, Sharaf, Nahu, dsb. Sehingga tanpa harus masuk pesantren pun bisa mengkaji Kitab2 Kuning dan jadi Ulama. Dan memang banyak ulama di Betawi yang berhasil tanpa harus masuk pesantren.

Habib Ali bin Zaenal Abidin bercerita bahwa Jakarta yang berdiri tahun 1527 Masehi dinamakan Jakarta yang artinya Jaya (Kemenangan) dan Karta (Kota). Ini berasal dari kata Fathan Mubiina. Kemenangan Paripurna. Dan pendiri Kota Jakarta ini adalah Syarif Hidayatullah. Seorang Habib. Keturunan Nabi. Jadi antara Habib dengan Jakarta tidak bisa dipisah. Karena yang mendirikan Jakarta ini adalah Habib.

Habib Ali juga menjelaskan bahwa sebagai pengikut Imam Syafi’ie, kita harus mendengar nasehat Imam Syafi’ie. Di antaranya kita harus pergi meninggalkan negeri / kota kita untuk mendapat kejayaan. Safar. Pergilah.

Sebab orang yang pergi / hijrah wawasannya akan luas. Punya banyak teman baru. Dan juga tidak sumpek.

Kalau cuma tinggal di rumah saja, lama2 akan sumpek. Kemudian setengah sinting. Lalu nyimeng. Dan mati sangit. Begitu kata beliau. Pergilah. Dakilah gunung sehingga pikiran kita tidak sumpek. Hingga kita sadar betapa besarnya ciptaan Allah dan keagungan Allah.

Sebelumnya dibacakan ayat2 Al Qur’an oleh Qori Internasional Ustad Ahmad Muhajir SQ. Suaranya benar2 indah. Subhanallahu.

Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2012/01/25/3-amal-yang-pahalanya-tidak-terputus/

dd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: