YMA-TIENS Akan Bangun Sekolah Dhuafa

Kunjungan manajemen PT Tiens Indonesia ke Yayasan Majelis Al Washiyyah (YMA) menjadi salah satu contoh hubungan baik antara kedua lembaga yang memiliki kepedulian pada peningkatan SDM baik dari sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, moral dan lain-lain.

PT Tiens berkomitmen membantu sekolah bagi-bagi anak miskin di Al Washiyyah. Dan lembaga Al Washiyyah kelak memiliki lembaga pendidikan formal yang memberi manfaat riil dalam kualitas edukasi masyarakat dan umat.

Mereka merasa tertarik apa yang dilakukan YMA, karena program semua program yang dilakukan di menej dengan amanah bahkan dari sisi keuangan. Baru kali ini ditemukan ada yayasan sekalipun tidak besar tapi laporan tahunannya diperiksa akuntan publik.

Menurut Ketua Umum YMA, KH. Mohamad Hidayat, dari sisi pemeriksaan melalui akuntan publik merupakan bagian dari pertanggung jawaban baik secara vertikal maupun horisontal, pertanggung jawaban kepada Allah dan masyarakat. Karena dana yang dikelolah YMA adalah dana dari amanat para donatur, pengurus dan pihak terkait.

Ketua Umum YMA, KH. Mohamad Hidayat mengatakan komitmen YMA untuk melakukan kerjasama sinergi dengan lembaga-lembaga lain bertujuan untuk membantu taraf kehidupan masyarakat lebih baik. “Kami menyambut gembira atas inisiatif PT. Tiens yang melihat langsung keberadaan, kemudian program-program aktifitaas juga menyangkut sistem administrasi YMA,” ujar Kiai Hidayat di Jakarta, Senin (26 Desember 2011). Ia berharap dalam kurun waktu dekat di tahun 2012, komitmen PT Tiens untuk membantu pembangunan sekolah bagi masyarakat tidak mampu ini bisa terealisasi.

Belum lama ini, PT Tiens mengundang KH Mohamad Hidayat dan anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk langsung mengunjungi perusahaan Tiens beserta infrastruktur di Tianjin, China. Perusahaan ini menunjukkan bagaimana kiprahnya dari sisi bisnis juga CSR (Corporate Social Responsibility. Tiens berkomitmen membantu peradaban masyarakat yang lebih baik. Disana ada Universitas Tianshi, dan Rumah Sakit Tai Ji Sun, museum, perpustakaan.

“Ini sejalan dengan moral ekonomi Islam. Dimana salah satu ajaran ekonomi Islam keuntungan yang diperoleh seseorang dalam transaksi ekonomi itu bisa memberikan konstribusi kepada masyarakat lainnya. Maka Islam mengajarkan adanya zakat, infaq dan shadaqoh sebagai bagian dari komponen CSR,” jelas anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI ini.

Kiai Hidayat menambahkan, apa yang dilakukan PT Tiens menjadi pelajaran bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk membawa nilai-nilai bisnis yang menguntungkan sekaligus memiliki visi humanisme, yaitu memiliki nilai-nilai kemanusiaan.

Sementara itu, Ade Suci Sukmawati, Brand Manager PT Tiens Indonesia menjelaskan, PT Tiens Indonesia ke depan ingin menitikberatkan aspek sosial, salah satunya pada kegiatan CSR meliputi tiga aspek, lingkungan, pendidikan dan amal. “Kami datang ke Al Washiyyah dalam segi pendidikan. Karena di kantor pusat di China, ada satu yayasan yang membantu masyarakat dalam hal lingkungan, pendidikan dan amal,” imbuhnya.

PT Tiens, kata Ade, giat membantu sesama, merangkul masyarakat kurang mampu yang butuh perhatian. Kebetulan pada kesempatan pertama ini PT Tiens berencana mensupport Al Washiyyah yang akan mendirikan sekolah bagi masyarakat kurang mampu. “Gayung pun bersambut, di satu sisi Tiens Indonesia ingin mengadakan kegiatan sosial, di sisi lain Yayasan Al Washiyyah perlu donatur. Sinergi semacam ini kita kembangkan kedepan,” tutur Ade.

Ade mangaku salut dengan pengurus Al Washiyyah yang konsisten menjalankan syiar Islam secara baik. Dari segi kepedulian sosial saling membantu. “Dengan kegiatan yang dilakukan Al Washiyyah membuat kita tergerak juga. Mereka bisa kenapa kita tidak, apalagi visi dan misi yang sama untuk membantu mereka yang membutuhkan. Kita senang sekali bisa melihatnya, segala sesuatu yang dikerjakan yayasan dilakukan secara profesional. Tanggung jawab moral yang begitu besar dalam menjalani yayasan secara legalitas begitu baik. Berdasarkan hasil kunjungan ini diharapkan sejauh mana yang bisa di support,“ kata Ade.

Ade menuturkan, PT Tiens bergerak dalam bidang penjualan suplemen kesehatan dan alat kesehatan dengan mengedepankan pengobatan tradisional China dengan terobosan suatu pengobatan yang dikemas dengan teknologi modern dan alat-alat canggih. (hsn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: