Pasca Banjir: Sejukkan Hati, Ikhlas Terima Musibah

“Kurang percaya kepada Allah dan melalaikan perintahNya, maka musibah akan menghampiri manusia,”

KH Mohamad Hidayat menuju Kampung Pulo Jatinegara Jakarta

KH Mohamad Hidayat menuju Kampung Pulo Jatinegara Jakarta

BANJIR yang melanda Jakarta beberapa pekan lalu tentunya menyisakan kesedihan dan trauma bagi warga yang terkena musibah.

Melihat keadaan ini, warga tidak hanya membutuhkan pengobatan dan sumbangan kebutuhan jasmanis, juga siraman rohani.

“Siraman rohani ini sangat bermanfaat bagi warga, karena dengan adanya penyampaian ini bisa menyejukkan hati agar ikhlas menerima keadaan atau musibah,” ujar KH Mohamad Hidayat, Ketua Umum Yayasan Majelis Al Washiyyah.

Menurutnya, ada 5 faktor penyebab banjir. Antara lain, faktor Kultural (Kebudayaan), Natural (Alam), Struktural (fungsi), Moral (akhlak), dasn Spiritual (keyakinan).

Faktor kultural yakni kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan sehingga menyumbat aliran air. Ketika hujan deras air meluap, banjir pun tidak bisa dihindari. Selain itu, kesadaran masayarat dalam memperhatikan kebersihan lingkungan masih sangat rendah.

Sedangkan struktural, kebijakan pemerintah dalam membangun properti seperti plaza, apartemen, dan lain-lain, tanpa memperhatikan daerah resapan air.

Kemudian faktor moral. Faktor ini berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat yang sudah banyak berbuat dosa. Seperti KKN merajalela, pungli, maksiat dan maasih banyak lagi.

“Kurang percaya kepada Allah dan melalaikan perintahNya, maka musibah akan menghampiri manusia,” terang anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Pusat.

Terakhir, lanjutnya, faktor Natural. Yakni turunnya bencana alam merupakan di luar kekuasaan dan kemampuan manusia semuanya kehendak Allah.

“Inilah beberapa faktor yang sering saya sampaikan kepada warga, agar mereka bisa menerima musibah yang datang serta intropeksi diri,“ imbuhnya.

http://hikmah.pelitaonline.com/news/2013/02/09/pasca-banjir-sejukkan-hati-ikhlas-terima-musibah#.URV70Gpc4qQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: