Manfaat Khitan, Menjaga Kesehatan Bernilai Ibadah

Khitanan Masal Yayasan Majelis Al Washiyyah bekerjasama Baziz, Rumah Sehat Masjid Sunda Kelapa

BILA ada yang mengatakan dikhitan atau tidak dikhitan sama saja, itu salah besar. Karena sesungguhnya sudah terbukti bahwa khitan itu adalah satu proses medis mensucikan alat reproduksi seorang muslim dan muslimah dalam rangka beribadah kepada Allah.
Sekarang ini tidak ada persoalan lagi jika anak-anak dikhitan. Kalau alasannya menyakiti anak-anak itu tidak perlu dibahas lagi karena sudah ada cara atau system yang tidak menimbulkan rasa sakit ketika di khitan, proses sembuhnya lebih cepat, tingkat kepulihannya tidak memakan waktu lama. Yaitu itu dengan sistem laser atau system lain.
Dari sisi medis khitan pada usia anak-anak lebih mudah. Para dokter dan ahli kesehatan mengatakan, khitan di bawah umur prosesnya lebih mudah daripada orang-orang dewasa.
Dari aspek humanisasi bisa dibayangkan kalau orang dewasa dikhitan persoalan-persoalan menyangkut moral, rasa malu, rasa enggan. Kemudian dari tim medis juga ada rasa sungkan, rasa tidak nyaman mengkhitan orang dewasa, apalagi kalau dokternya wanita akan muncul persoalan aurat, persoalan yang sensitif.
“ Hal ini dibuktikan dengan manfaat khitan yang sangat penting baik dari sisi kesehatan, kesucian, ibadah, psikologis, bahkan sampai pada harmonisnya hubungan rumah tangga nanti, “ ujar KH Mohamad Hidayat usai acara Khitanan Masal Yayasan Majelis Al Washiyyah (YMA) bekerjasama dengan Rumah Sehat Masjid Sunda Kelapa di Kebon Nanas III, Jakarta Timur, Minggu (23/12/2012).
Menurut Ketua Umum YMA ini, dampak dari tidak dikhitan banyak sekali kerugiannya. Dari sisi medis sulit membersihkan alat reproduksi seperti kotoran, urin, bakteri, penyakit yang di dalam.
Orang-orang yang dikhitan, cenderung memiliki kejiwaan yang lebih stabil. Dari sisi agama, orang yang tidak dikhitan itu akan sulit menunaikan ibadah secara sah. Karena suci badan merupakan salah satu syarat dari ibadah kepada Allah SWT.
“Dengan dikhitan akan memberikan hal positif bagi itu semua. Apalagi khitan ini adalah sebetulnya dalam sejarah sudah sejak manusia itu ada. Dan jangan lupa ini adalah perintah Allah SWT, perintah agama yang bernilai ibadah,” terangnya.
KH Hidayat menjelaskan program khitanan masal yang bekerjasama dengan Bazis dan Rumah Sehat Masjid Sunda Kelapa ini merupakan program yang ke 8. Dalam tahun 2012 sudah dilaksanan 2 kali acara, bulan Juni sebanyak 120 anak dan Desember 50 anak.
Al Washiyyah telah menunaikan amal fardhu kifayah, karena banyak anak muslim kesulitan biaya untuk dikhitan, kita ingin mengurangi beban ekonomis, psikologis, religious, yang ada di pundak kaum muslimin yang berlatar ekonomi ekonomi lemah
Sementara dr Meizi Fahrizal Ahmad dari Rumah Sehat Masjid Sunda Kelapa menerangkan penggunaan alat laser hanya menggunakan benda panas, teknik yang dipakai dalam pembedahan pada teknologi kedokteran modern.
“Kalau pakai laser khitan sangat cepit lebih kurang 10 menit sehingga anak tidak trauma, tidak ada pendarahan, tingkat sembuhnya cepat sekitar 2-3 hari, tidak perlu diperban lagi,” jelasnya. (husnie)

http://dunia-islam.pelitaonline.com/news/2012/12/23/manfaat-khitan-menjaga-kesehatan-bernilai-ibadah#.UNbsJEf6L1h

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: