Pelatihan MC bagi Pimpinan Majelis Ta’lim

Al-Washiyyah Foundation mengadakan “Integrated Full-day Training” atau pelatihan MC (pembawa acara) kepada Pimpinan Majelis Ta’lim Se-DKI Jakarta. Dengan tema : “Menjadi MC yang fasih dan komunikastif, Acara ini dibuka langsung oleh Pimpinan Al-Washiyyah Foundation, KH Mohammad Hidayat MBA, dengan nara sumber Ust.Muhammad Yani dan Ustz. Elvi Hudhriyah, pada Selasa (10 Juli 2012) di Aula Yayasan Al-Wasihyyah Cipinang Cempedak III, Jakarta Timur.

Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari majelis taklim se-DKI Jakarta. Karena profesi pembawa acara atau lebih popular dengan sebutan “MC” (Master of Ceremony), kini telah menjadi satu profesi yang cukup banyak menarik minat masyarakat dan juga begitu pentingnya suatu acara berjalan dengan baik. Kendati bukan untuk mengejar popularitas,karena seorang pembawa acara selalu menjadi pusat perhatian orang banyak dalam suatu acara.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak acara yang berlangsung di tengah-tengah masyarakat, seperti acara yang bersifat kekeluargaan, keagamaan, keorganisasian hingga kenegaraan. Maka pembawa acara memiliki peran yang sanagat penting bagi suksesnya suatu acara, kita lihat beberapa syarat pokok dan juga yang yang harus diperhatikan,yaitu : Syarat-syarat pokok yang pertama, Bepenampilan menarik, Memiliki percaya diri yang tinggi, memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar, Memiliki warna suara yang berkarakter dan microfonis serta olah vocal yang baik, Berpengetahuan luas, dan berjiwa periang dan memiliki “seene of humor”.

Kemudian tips menajdi pembawa acara yang baik, pertama siapkan pulpen dan kertas untuk mencatat yang perlu dicatat. Mengetahui secara pasti tentang acara yang akan berlangsung, misalnya acara aqiqah, pindah rumah, ulang tahun, takziyah kematian, maulid dan sebagainya. Baca dan pahami susunan atau rangkaian acara dari pembukaan sampai penutup. Kenali orang-orang yang akan mengisi acara, misalnya yang memberi sambutan, baca Al-Quran, penceramah dan sebagainya. Agar lebih jelas sebelum memulai acara berkomunikasi diri kepada orang-orang yang mengisi acara. Bertujuan dalam penyampaian tidak salah sebut nama, jabatan, dan lain sebagainya.

Baik juga dikemukan intisari dari dari sambutan atau ceramah yang sudah berlangsung, tentunya saja tidak boleh menyita banyak waktu. Tips paling penting semua ini, segera mengantisipasi hal-hal yang diluar dugaan, misalnya pembaca Al-Quran atau pemceramah belum datang, pembicara terlalu lama menyita waktu, dan sebaginya. Lakukan koordinasi dengan panitia dan manfaatkan potensi yang ada, termasuk potensi diri sendiri untuk mengisi acara.

Officer Gadai Bank Mandiri Syariah Danar Selah sangat memberikan apresiasi dalam kegiatan ini yang sangat baik dan bermanfaat bagi para pimpinan majelis taklim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: