Buku Laporan Umum Tahun 2011 Al Washiyyah Foundation (Jilid 8)

BAB III Laporan Program Dan Kinerja

BAB III 

LAPORAN PROGRAM DAN KINERJA

AL WASHIYYAH FOUNDATION TAHUN 2011 

I.  LAPORAN BIDANG/UNIT-UNIT KEGIATAN

Sesuai dengan tujuan semula bahwa keberadaan Yayasan Al Washiyyah ini ditujukan untuk mewadahi kegiatan-kegiatan yang bersifat pendidikan, sosial kemasyarakatan dan keagamaan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakan terutama bagi mereka yang kurang mampu yang berada di sekitar lokasi Yayasan.  Alhamdulillah, sejak tahun 2001 sampai dengan 2011 ini terutama sejak Yayasan diresmikan tahun 2003, telah banyak kegiatan yang diselenggarakan baik itu dilakukan oleh internal yayasan maupun bekerjasama dengan pihak lain.

Kegiatan rutin yang telah berjalan selama ini, antara lain:

1.  BIDANG SOSIAL KEMASYARAKATAN 

1.a  Unit Santunan Dhu’afa & Bantuan Dana Pendidikan 

Beasiswa yang diberikan kepada anak asuh non panti (yatim maupun Dhuafa) untuk tahun 2010-2011 ini berjumlah lk. 166 orang (jumlah ini belum termasuk anak-anak yang disantuni secara eksidental).

Beasiswa diberikan selama 1 tahun, untuk kemudian pada tahun berikutnya diseleksi kembali siapa saja yang masih layak disantuni dan siapa yang dengan terpaksa harus digantikan oleh anak asuh lainnya (yang berada dalam posisi waiting list).  Alhamdulillah, untuk Tahun Ajaran 2010-2011  besaran beasiswa yang diberikan untuk anak asuh sebanyak :

  • 128 orang murid SD     @ Rp. 50.000,-/siswa/bulan
  • 23 orang murid SLTP    @ Rp. 75.000,-/siswa/bulan
  • 15 orang murid SLTA     @ Rp. 100.000,-/siswa/bulan

Bila digabungkan dengan anak asuh  pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah yang telah disantuni lebih dari 500 orang.  Dana yang dikeluarkan setiap bulannya untuk beasiswa ini lebih kurang Rp. 3.700.000,-/bulan tidak termasuk pemberian alat-alat sekolah dan atau seragam pada setiap kenaikan kelas serta biaya-biaya tambahan lain untuk keperluan sekolah yang seringkali diajukan oleh orang tua siswa.

Selain bantuan dana pendidikan, santunan dhu’afa dilaksanakan secara rutin baik melalui santuan Ramadhan maupun santunan Muharram bertajuk ”Gerakan Peduli Seribu Dhu’afa”. Setiap tahun Al Washiyyah menyelenggarakan Bakti Sosial dan Qurban yang diselenggarakan di Pondok Al Washiyyah Batu Layang Cisarua Bogor sebagai bentuk kepedulian kepada kaum dhu’afa dan fakir miskin.

1.b     Unit Layanan Sosial

Dalam melaksanakan fungsi sosialnya, Al Washiyyah turut aktif berperan dalam momen-momen serta peristiwa bencana alam yang terjadi dalam masyarakat, seperti :

  • Bencana banjir yang melanda kota Jakarta pada tahun 2007 dan 2008 lalu dengan Al Washiyyah turut memberikan kontribusi menyuplai makanan siap santap secara berkala di beberapa titik banjir.
  • Penggalangan Dana dan Pakaian Untuk Korban Tsunami Aceh dan korban bencana di daerah-daerah lain yang terjadi selama tahun 2009.
  • Aksi Cepat Tanggap Darurat (ACTD) terhadap korban kebakaran di wilayah Jakarta dan khususnya musibah kebakaran yang menimpa warga RT 013 RW 08 Kelurahan Cipinang Cempedak, penyerahan bantuan dilaksanakan 4 Januari 2011, termasuk diantara korban kebakaran adalah Bapak Syafi’i salah seorang karyawan YMA.
  • Untuk tahun 2010, Al Washiyyah menyelenggarakan doa bersama dalam berbagai kesempatan untuk para korban bencana alam seperti korban eropsi gunung merapi, banjir Wasior Papua maupun tsunami di Mentawai Sumatera Barat.
  • Tahun 2011, layanan sosial lebih difokuskan pada layanan kesehatan melalui unit Poli YMA meliputi penyelenggaraan khitanan massal, program khitan terjangkau, program bekam murah dan layanan kesehatan cuma-cuma dalam event-event tertentu

2. BIDANG RISET, EDUKASI DAN PELATIHAN

2.a  Unit Pendidikan Informal (Taman Bina Ilmu / TBI)

2.a.1 Program Pra-Tahsin, Tahsin dan Tahfizh al Qur’an

Mulai tahun 2011 tepatnya awal Ramadhan 1432 H, program tahsin dan tahfizh al Qur’an resmi dibuka sebagai salah satu program unggulan YMA. Program Tahsin dan Tahfizh al Qur’an langsung mendapat respon dan animo positif dari masyarakat dengan jumlah pendaftar mencapai 150 orang  padahal kapasitas santri yang tersedia hanya cukup 45 orang, terpaksa dilakukan penyaringan secara ketat. Adapun waktu kegiatan belajar mengajarnya adalah

Hari                        :   Ahad, Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis.

Waktu                     :   Kelas Pagi (09.00-11.00)

Kelas Sore (15.40 – 17.30)

Materi                     :   Pra Tahsin, Tahsin dan Tahfizh

Peserta                    :   – Usia SD kls 4, 5 dan 6. Kelas SMP & SMA

– Kelas Umum & Mahasiswa

Guru/Pengajar          :   1.Habib Ahmad Almunawwar, Lc, MA,       Al  Hafidz

2. Ustadz  Hendra Suprianto, Al Hafidz

3. Ustadz Salman al Farisi

4. Ustadzah Indah Mardhiyana, S. Ag

Biaya Operasional     :   Rp. 4.600.000,- ( empat juta enam ratus ribu rupiah)/bulan sebagai honor pengajar

 

2.a.2 Komputer  

        

Hari                        :   Sabtu

Waktu                     :   Kelas Pagi (08.30-10.00 & 10.15-11.45)

Kelas Sore (16.00 – 17.30)

Peserta                    :   Para Anak Binaan dan Non Binaan

Materi                     :   Microsoft Office dan Macromedia

Guru/Pengajar          :   M. Fachru Rozi

Biaya Operasional     :   Rp. 250.000,- ( dua ratus lima puluh ribu rupiah )/bulan sebagai honor pengajar

 

2.b   Unit Konsultasi Keagamaan

 

Dalam upaya memberikan layanan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakata Al Washiyyah memberikan layanan konsultasi keagamaan seperti :

  • Konsultasi syariah, mengenai waris, ekonomi syariah, masalah keluarga dll
  • Membantu prosesi akad nikah para dhuafa
  • Proses pengislaman para muallaf 

3. BIDANG DAKWAH DAN SENI BUDAYA ISLAM

3.a   Unit Majelis-Majelis Ta’lim 

3.a.1 Pengajian Kaum Bapak

Waktu                    :   Setiap hari Minggu (malam Senin) ba’da Maghrib

Peserta                  :   ± 150 jamaah terdaftar

Materi                    :   Kajian kitab; Minhajul Muslim, Irsyadul Ibad, dan Al Wafy Syarah Arba’iin An Nawawiy

Guru/Pengajar        :   KH. Mohamad Hidayat (Ketum YMA)

Koordinator            :   Siswanto

Biaya Operasional   :   Rp.200.000,-        (duaratus ribu rupiah)/ bulan untuk konsumsi.

3.a.2 Pengajian Kaum Ibu

Waktu                    :   Setiap hari Kamis (malam Jum’at) ba’da Maghrib

Peserta                  :   ± 250 jamaah terdaftar

Materi                    :   Dzikir, Shalawat, Ratiibul Haddaad, Kajian Kitab Riyadus Sholihaat dan Kitab Adabul Ihsaan Fil Islaam, Tanya Jawab Agama Islam

Guru/Pengajar        :   KH. Mohamad Hidayat (Ketum YMA)

Koordinator            :   Hj. Yulhaedah Razak

 

3.a.3 Pengajian Remaja Putri

Waktu                    :   Setiap hari Jum’at (malam Sabtu) ba’da Isya

Peserta                  :   ± 40 jamaah terdaftar

Materi                    :   Kajian kitab Fathul Qorib,

Guru/Pengajar        :   Ust. Abdul Ghofur

Koordinator            :   Sdri. Lina Armiati dan Sdri. Hanna Aprilya

Biaya Operasional   :   Rp.250.000,-         (duaratus limapuluh ribu rupiah)/ bulan untuk insentif Ust. Abdul Ghofur.

Rp.120.000,-         (seratus duapuluh ribu rupiah) /bulan konsumsi berasal dari infaq peserta Ta’lim.

3.b   Unit Seni Budaya Islam

 

Latihan Hadroh

Waktu                :  Setiap hari Minggu sore

Peserta              :  ± 15 jamaah terdaftar

Materi                :  Hadroh

Inventaris          :  2 (dua) set alat hadroh

Guru/Pengajar    :  Sdr. Dedi M dan Sdr. M. Fachru Rozi

Koordinator        :  M. Harun Al Rasyied

Pembina             :   Indah Mardhiyana, S. Ag.

 

3.c   Unit Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)

Secara rutin, Alhamdulillah, Al Washiyyah sejak belum resmi berbentuk yayasan, telah turut berp  artisipasi dalam perayaan hari-hari besar Agama Islam.  Dimulai dari peringatan Tahun Baru Hijriah setiap tanggal 1 Muharram, menyemarakkan Lebaran Anak-anak Yatim tanggal 10 Muharram, Maulid Nabi Muhammad SAW di bulan Robiul Awwal, Santunan Dhuafa di bulan Ramadhan, Iedul Fitri, Iedul Adha, dan lain-lain.

Perayaan hari-hari besar Islam tersebut diselenggarakan dalam bentuk kegiatan yang bervariasi.  Antara lain:

Tahun baru Hijriyah. Al Washiyyah mempelopori dan melaksanakan acara dalam menyambut pergantian tahun baru Hijriah dengan Doa Awal Tahun, Qiyamul Lail dan Muhasabah.

Peringatan Muharram. Pada tahun 2011, dalam rangka syiar Tahun Baru Islam 1432 H, Al Washiyyah menyelenggarakan Pentas Kreativitas Anak Muslim untuk anak Asuh dan anak-anak SD lainnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tahun 2011 diperingati dengan menyelenggarakan Maulid Agung dengan tema Hadirkan Ajaran Nabi di Tengah Duka Ibu Pertiwi” bersama ustadz H. Ahmad Alhabysi dan KH.Mohamad Hidayat, Alim Ulama/Habaib dan dihadiri ribuah jamaah kaum ibu se Jabodetabek.

 

AAlhamdulillah, setiap tahunnya acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW selalu terselenggara dengan baik dan semarak. Peringatan Maulid Nabi ini umumnya dalam bentuk Tabligh Akbar dan Dzikir Akbar dengan tema-tema tertentu setiap tahunnya serta mengundang penceramah-penceramah ibukota antara lain: Ustadzah Tuti Alawiyyah, Ustadzah Hj Suryani Thaher,  Ustadzah Hj. Luthfiah Sungkar,  Ustadzah Hj. Irena Handono, Ustadzah Hj. Fatimah Said Agil, Ustadz HM. Arifin Ilham, Ustadz H.M. Othman Shihab, ustadz Ahmad al Habsyi, dan lain-lain. Kurang lebih sebanyak 2.000 jamaah hadir dalam setiap penyelenggaraan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kaum ibu ini.

Santunan & Syiar Ramadhan. Al Washiyyah turut aktif dalam mengisi makna Ramadhan setiap tahunnya. Program utama di setiap Ramadhan adalah Santunan Dhuafa.  Program ini menjadi semacam program yang paling dinantikan oleh kaum Dhuafa yang tinggal di sekitar Jatinegara, oleh karenanya Al Washiyyah akan selalu berusaha dan mengupayakan terselenggaranya program ini.  Hal ini mengingat masih begitu banyak saudara-saudara kita yang hidup di bawah garis kemiskinan dan mereka ternyata tidak jauh dari lingkungan kita.  Setiap tahunnya santunan diberikan kepada lebih kurang 800-1000 Dhuafa (Gerakan Peduli Seribu Dhuafa).  Dalam program santunan ini, Al Washiyyah bertindak sebagai mediator (sekaligus pemberi ZIS) yang disatukan dengan ZIS Perusahaan selaku lembaga mitra kerja YMA, Instansi Pemerintah maupun para aghniya dalam menyalurkan ZIS-nya.

Al Washiyyah juga memberikan kegembiraan lain bagi para Dhuafa yaitu dengan mempertemukan mereka dengan tokoh-tokoh yang biasanya hanya dapat dilihat di layar kaca.  Para tokoh yang sempat bersilaturrahim bersama Al Washiyyah antara lain: Bpk. KH. Prof. Ali Yafie (Ketua MUI), Bpk. H. Hamzah Haz,(mantan Wapres RI), Bpk. H.M. Amien Rais (Ketua MPRRI), Bpk. H. Adi Sasono (mantan Menteri UKM), Bpk. H. Azwar Anas (mantan Menteri Kesra), Bpk H. Gandjar Wiranegara (Pangkoops AURI), Bpk. H. Fauzi Bowo (Gubernur DKI), Ibu Dr.dr.Hj.Siti Fadhila Supari, Sp.JP (Menteri Kesehatan RI) hadir dan meresmikan gedung Al Washiyyah Foundation, dll.

Dari kalangan artis muslim dan muslimah yang pernah turut hadir :  Ibu Hj. Ratih Sanggarwati, Ibu Hj. Astri Ivo, Ibu Hj. Inneke Koesherawati bersama suami, Bpk. H. Deddy Mizwar, Bpk. H. Muchsin Alatas dan Titik Sandhora dll.  Kekhusyukan acara turut didukung dengan kehadiran para habaib dan ustadz serta ustadzah dan para tokoh pemerintahan serta tokoh masyarakat setempat.  Demi syiarnya program-program ini, Al Washiyyah bekerjasama dengan Radio AM Asy-syafi’yiyah dan Radio FM Moslem (Radio Attahiriyyah) yang menyiarkan secara langsung (live) penyelenggaraan setiap even.  Acara-acara ini diliput pula oleh media cetak antara lain; Republika dan Majalah Muslimah Noor.  Menjelang hari raya  Iedul  Fitri, Al Washiyyah mensupport acara Gema Malam Takbiran Masjid Attaubah yaitu lomba pukul bedug dan takbir.

Selain memberikan santunan untuk masyarakat sekitar, Al Washiyyah juga memberikan santunan pada malam takbiran on the spot kepada sejumlah tuna wisma, petugas kebersihan jalan, petugas penjaga perlintasan KA dll.

Al Washiyyah juga rutin diundang menghadiri acara berbuka puasa dengan membawa anak-anak asuh (Dhuafa dan yatim) oleh Lembaga/Perusahaan-perusahaan maupun perorangan, antara lain:  REI (Real Eastate Indonesia), Cipta Marga Nusaphala Persada, Kalimanis Grup, dll.

Disamping itu, dalam kaitannya dengan Peringatan Hari Besar Islam, secara tulus Yayasan Al Washiyyah turut memback up kegiatan untuk lembaga lainnya, khususnya Masjid Attaubah :

  1. 1.        Membantu dana dan Acara, Maulid kaum Ibu Masjid Attaubah sejak tahun 2000
  2. 2.        Membantu subsisi insentif guru untuk pengajian bulanan kaum ibu masjid Attaubah sebesar Rp 50.000,- /bulan
  3. 3.        Turut mensubsisdi hidangan berbuka puasa
  4. 4.        Turut berpartisipasi dalam pengadaan hadiah lomba Beduk dan Takbir, dll

 

4. BIDANG KESEHATAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

Sejak Poliklinik Sosial Pesan Ibu (Poliklinik YMA) diresmikan pada tanggal 7 Januari 2009 oleh Menteri Kesehatan RI Ibu Dr.dr.Hj.Siti Fadhila Supari Sp.JP, setiap hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 09.00 – 17.00 dan khusus hari Sabtu pukul 09.00 – 12.00 Poliklinik Sosial Pesan Ibu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas. Layanan kesehatan ditangani oleh para dokter yang berpengalaman dengan tarif layanan yang sangat terjangkau. Selama satu tahun ini Poliklinik Sosial Pesan Ibu telah memberikan pelayanan kesehatan secara baik sehingga mendapatkan respon positif dari masyarakat luas. Poliklinik Sosial Pesan Ibu dikelola secara baik dan benar di bawah penanggungjawab dr.Hj.Juni Tjahjati.

Selama tahun 2010/2011 Poliklinik YMA disamping melakukan pelayanan kesehatan, guna meningkatakan kualitas SDM telah melakukan berbagai seminar dan  pendidikan latihan bidang kesehatan antara lain; pelatihan kader kesehatan angkatan II, seminar sehari anti aging dan pengobatan tradisional, serta guna memperluas jaringan (network) telah melakukan berbagai kerjasama diantaranya dengan DKPS BAZNAS, dan LAZNAS BSM serta lembaga-lembaga lainnya dalam berbagai event. (laporan khusus terlampir)

 

5. BIDANG ORGANISASI DAN KERJASAMA KELEMBAGAAN

Yayasan Majelis Al Washiyyah guna memperkuat layanan keummatannya, terus menjalin dan mempererat kerjasama kelembagaan dengan berbagai lembaga baik sosial, ekonomi dan keuangan syariah serta lembaga lain yang dinilai memiliki kesamaan visi dan misi dalam berbagai program layanan dan moment kegiatan. Selama tahun 2011 lembaga mitra yang terjalin antara lain ; Majelis Dzikir SBY Nurus Salam, JT Group, PT Indokaya Renewable Energy, Yayasan Amanah, PT Ahad-Net Internasional, Bank Syariah Mandiri, BTN Syariah, LAZNAS BSM, BAZNAS, BRINGIN Life Syariah, Allianz Syariah, Manulife Syariah, Wakala Induk Nusantara, Bumi Aksara, Penerbit Zikrul Hakim, PT. Asuransi Takaful Keluarga, Al Wahida Marketing Internasional, Majalah Sharing, Tabloid Jumat, VOA Islam, Hidayatullah Online, Republika, dan lembaga/instansi serta media lainnya.

 

Kesimpulan :

  1. Yayasan Majelis Al Washiyyah telah mengalami perkembangan secara signifikan sejak dirintis (Majelis Shalawat) kemudian dikukuhkan sebagai badan hukum yayasan hingga tahun ini.
  2. Unit Kegiatan yang dimulai oleh Majelis Shalawat, dan memasuki tahun 2011 berkembang menjadi 8 (delapan) bidang dan 18 (delapan belas) unit, dan fokus utama kegiatannya adalah layanan sosial, kesehatan, Beasiswa Dhuafa dan Majelis Ta’lim.
  3. Segenap aktifitas Yayasan Majelis Al Washiyyah, telah menyentuh berbagai lapisan masyarakat baik kaum Bapak, Kaum Ibu, Pemuda, Remaja Puteri dan anak-anak.
  4. Masyarakat sangat merasakan manfaat dari keberadaan Yayasan Majelis Al Washiyyah
  5. Adanya keterikatan yang kuat antara Yayasan Majelis Al Washiyyah dengan Masyarakat sekitar
  6. Perlunya terus dibangun KEIKHLASAN, SEMANGAT DAN KEJUJURAN dalam mengelola berbagai program dan keuangan Yayasan Al Washiyyah.
  7. Perlunya dicari sumber-sumber dana produktif untuk membiayai berbagai kegaiatan unit-unit Yayasan.
  8. 8.  Pentingnya segenap pemegang amanah Yayasan Majelis Al Washiyyah/ Khodimul Mu’assasah (Dewan Pembina, Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas) untuk turut memberikan kontribusi nyata, baik berupa materiil (bantuan ZIS) maupun non materiil (ide, gagasan, dan petunjuk yang positip) bagi perkembangan Yayasan Majelis Al Washiyyah pada masa mendatang.

 

Demikianlah laporan ini disusun, semoga Allah SWT menerima segenap amal shaleh kita yang telah kita tunaikan, menyempurnakan kekurangannya, dan merahmati setiap langkah dan amal shaleh kita pada masa mendatang, Amiin yaa Robbal ’alamiin.

Wallahu A`lam bish Showab

 

 

Jakarta, Desember 2011

 

YAYASAN MAJELIS ALWASHIYYAH

( AL WASHIYYAH FOUNDATION )

 

 

 

 

Drs.KH.Mohamad Hidayat,MBA,MH      Endin Muanatudin Noor

                   Ketua Umum                                             Sekretaris Umum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: