Al Washiyyah Galakkan Program Pemberdayaan

Yayasan Majelis Al Washiyyah (YMA) menggelar Kajian al-Qur’an Komprehensif di Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Hadir dalam kajian tersebut Dewan Pendiri sekaligus Dewan Pembina YMA Prof KH Ali Yafie, Habib Hud ibn Bagir Al Attas, dan Presdir Takaful Indonesia Trihadi Deritanto.

Ketua Umum YMA Drs KH Mohamad Hidayat MBA MH mengatakan, selama setahun ini YMA akan mengadakan beberapa program pemberdayaan. Di antaranya, mudzakarah “Kesehatan dan Kecantikan”, try out Ujian Nasional (UN) untuk SMP dan SMA, Pelatihan Pemantapan Imam Masjid & Mushalla Angkatan II, Shalawat & Syiar Dakwah Format Kita bersama Hadad Alwi dan Yusuf Mansur, dan pembentukan Baitul Maal Wat-Tamwil (BMT-YMA).

Sejak didirikan pada 27 Oktober 2003, YMA ingin meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, minimal di lingkungan terdekat. Secara periodik, yayasan ini juga memberi santunan kepada kaum dhuafa, pemberian beasiswa, dan bantuan modal kepada pedagang kecil.

Salah satu program Al Washiyyah yang menjadi primadona masyarakat di sekitarnya adalah poliklinik sosial. Setiap hari, tak kurang dari 35-50 pasien yang berobat secara cuma-cuma. Al Washiyyah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dengan menerbitkan Kartu Afiat, yakni kartu berobat gratis untuk pasien dhuafa.

Selain itu, YMA juga memiliki aktivitas di bidang dakwah dan seni budaya Islam (majelis taklim, peringatan hari-hari besar Islam), sosial kemasyarakatan, bidang usaha dan ekonomi umat (unit BMT), bidang kesehatan dan lingkungan hidup (unit poliklinik, pusat informasi kesehatan masyarakat), bidang riset-edukasi dan pelatihan (unit dana dan informatika, pendidikan formal, dan konsultasi keagamaan), bidang kaderisasi (Forum Langkah Suara Muslimah dan majelis taklim kaum ibu). (Tata/MG)

Sumber:

http://www.majalahgontor.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=212:al-washiyyah-galakkan-program-pemberdayaan-&catid=63:nasional&Itemid=125

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: